Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM

Studi Pada UKM bidang Konveksi di Kota Samarinda

  • Muhammad Zaini universitas Mulawarman
  • Naina Auliana Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja usaha pada pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang konveksi di Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan menyebarkan kepada 60 responden pemilik UKM bidang konveksi yang ada di Kota Samarinda, namun dalam penelitian ini responden yang memenuhi kriteria berjumlah 30 responden. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, kemudian data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota Samarinda, orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota Samarinda, inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota Samarinda, dan secara simultan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota Samarinda. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kinerja usaha diperlukan kemampuan para pelaku usaha dalam memahami orientasi kewirausahaan, orientasi pasar serta inovasi produk dengan baik. Kata Kunci: Kinerja Usaha; Orientasi Kewirausahaan; Orientasi Pasar; Inovasi Produk


 

Published
2023-06-07
How to Cite
ZAINI, Muhammad; AULIANA, Naina. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM. Jurnal Strategi dan Bisnis, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1-12, june 2023. ISSN 3025-4523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/39130>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsb.v11i1.39130.