Pengaruh Motivasi Kerja dan Keselamatan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Bhakti Tama Persada di Kabupaten Tuban)

  • Fenda Junia Heldawanti Universitas Jember
  • Djoko Poernomo Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember
  • Dwi Windradini BP Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan keselamatan kesehatan kerja pada PT. Bhakti Tama Persada di Kabupaten Tuban yang berlokasi di Jl. TubanĀ­Babat KM 11. Desa Minohorejo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban, adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak di jasa konstruksi berpengalaman dalam mengerjakan proyek nasional dengan kualifikasi MI pada asosiasi gabungan perusahaan konstruksi nasional Indonesia yang disingkat dengan GAPEKSINDO. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 107 karyawan yang meliputi bidang industri, bidang lapangan, dan bidang peralatan, sedangkan sampel yang menjadi responden penelitian ini berjumlah 52 karyawan PT. Bhakti Tama Persada di Kabupaten Tuban. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling yang dilakukan dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja dan keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara parsial maupun secara simultan. Motivasi kerja dan keselamatan kesehatan kerja memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan ditunjukkan dengan hasil analisis regresi linier berganda yang menunjukkan bahwa kinerja karyawan pada PT. Bhakti Tama Persada di Kabupaten Tuban dipengaruhi oleh motivasi kerja dan keselamatan dan kesehatan kerja.

Published
2023-06-07
How to Cite
HELDAWANTI, Fenda Junia; POERNOMO, Djoko; BP, Dwi Windradini. Pengaruh Motivasi Kerja dan Keselamatan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Bhakti Tama Persada di Kabupaten Tuban). Jurnal Strategi dan Bisnis, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 13-20, june 2023. ISSN 2338-9575. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/38595>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsb.v11i1.38595.