Social Media Marketing Jasa Make Up Artist

(Studi Kasus Pada Inggrit Makeup di Banyuwangi)

  • Putri Ayu Lestari Universitas Jember
  • Edy Wahyudi Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Perusahaan-perusahaan juga mulai beralih melakukan promosi dengan menggunakan internet, yakni melalui media sosial. Inggrit Makeup merupakan salah satu usaha jasa Make Up Artist (MUA) yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempromosikan usahanya. Inggrit Makeup melakukan promosi melalui media sosial Instagram, Facebook, Whatsapp, dan TikTok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis domain dan taksonomi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa social media marketing yang digunakan oleh Inggrit Makeup mengandung context, communication, collaboration, dan connection. Inggrit Makeup menerapkan konsep context promosi yang berbeda dimasing-masing media sosial. Communication, Sarana atau media utama yang digunakan oleh Inggrit Makeup untuk berkomunikasi dengan konsumennya adalah melalui media sosial. Collaboration, pihak-pihak yang turut berkolaborasi dengan Inggrit Makeup yaitu konsumen sekaligus follower yang mengunggah foto dengan men-tag akun Inggrit Makeup, dan berkolaborasi dengan beberapa pengusaha yang aktif melakukan promosi dimedia sosial seperti photographer, tukang henna, vendor dekorasi, dll.  Inggrit Makeup menerapkan connection dengan para calon konsumen,  follower, bahkan mantan konsumennya dengan cara yaitu dengan aktif atau rutin dalam membagikan atau memposting foto dan video atau membuat story serta memberikan informasi terbaru pada akun media sosial.

Published
2023-06-07
How to Cite
LESTARI, Putri Ayu; WAHYUDI, Edy. Social Media Marketing Jasa Make Up Artist. Jurnal Strategi dan Bisnis, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 51-64, june 2023. ISSN 2338-9575. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/37860>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsb.v11i1.37860.