Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Perusahaan yang Melakukan Penawaran Saham Perdana Periode 2020-2021

  • Seftiana Dwi Utami Universitas Jember
  • Akhmad Toha Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi, FISIP Universitas Jember
  • Ika Sisbintari Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi, FISIP Universitas Jember

Abstract

Underpricing merupakan sebuah fenomena Initial Public Offering (IPO) yang sering terjadi di pasar modal dan telah dibuktikan oleh para peneliti di berbagai Negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing. Variabel yang diteliti meliputi Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan, dan persentase saham ditawarkan. Penelitian ini dilakukan dengan analisis statistik deskriptif  dan analisis regresi linier berganda. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi non partisipan dengan metode purposive sampling dan diperoleh 87 perusahaan sebagai sampel penelitian dari populasi sebanyak 104 perusahaan. Hasil penelitian menyimpulkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh secara positif signifikan terhadap tingkat underpricing, sedangkan variabel DER dan persentase saham ditawarkan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing.


Kata Kunci: Underpricing, Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan, dan persentase saham ditawarkan

Published
2022-10-21
How to Cite
UTAMI, Seftiana Dwi; TOHA, Akhmad; SISBINTARI, Ika. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Perusahaan yang Melakukan Penawaran Saham Perdana Periode 2020-2021. Jurnal Strategi dan Bisnis, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 157-170, oct. 2022. ISSN 3025-4523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/34052>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsb.v10i2.34052.