Product Defect, Quality Control PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MAKANAN (STUDI PADA CV MACARINDO BERKAH GROUP)

PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MAKANAN

  • Yolanda Rahman Utami fisip unej

Abstract

Perusahaan dituntut untuk melakukan kegiatan pengendalian kualitas agar mengurangi jumlah produk cacat atau rusak yang sering terjadi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengendalian kualitas produk makanan ringan pada CV Macarindo Berkah Group. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan didasarkan melalui teknik proposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Tahap pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian kualitas produk dilakukan oleh perusahaan tersebut dari tahap input, transformasi, dan output. Seluruh proses produksi telah dikendalikan oleh orang yang dipercaya untuk menjaga kualitas produknya. Meskipun demikian, ternyata masih ada kelemahan dari pengendalian tersebut. Data hasil produk cacat diperoleh rata-rata 2% per tahunnya. Kelemahan itu terjadi pada dua proses di tahap transformasi yaitu: pada saat penggorengan makaroni yang terlalu lama, dan pada saaat pengemasan produk terdapat kemasan yang rusak.

Published
2022-04-01
How to Cite
UTAMI, Yolanda Rahman. Product Defect, Quality Control PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MAKANAN (STUDI PADA CV MACARINDO BERKAH GROUP). Jurnal STRATEGI DAN BISNIS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1-20, apr. 2022. ISSN 2338-9575. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/18086>. Date accessed: 26 sep. 2022.