Kemampuan Penalaran Berbasis Bukti dalam Pembelajaran Fisika

  • Supeno Supeno
  • Annisa Maya Kurnianingrum
  • Maria Ulfa Cahyani

Abstract

Bernalar merupakan kemampuan yang sangat diperlukan peserta didik dalam pembelajaran fisika karena berhubungan dengan hasil belajar yang dicapai. Kemampuan bernalar merupakan salah satu keterampilan penting yang diperlukan di abad ke-21 sebagai bekal dalam menghadapi tantangan global. Salah satu kemampuan penalaran yang menjadi tema penelitian terbaru adalah kemampuan bernalar berbasis bukti dengan salah satu keterampilannya dikenal sebagai scientific explanation. Kemampuan scientific explanation berupa tanggapan tertulis atau lisan terhadap pertanyaan yang mengharuskan peserta didik untuk menganalisis data dan menafsirkan data berkenaan dengan pengetahuan ilmiah. Kemampuan ini menggabungkan sejumlah keterampilan yang kompleks termasuk kemampuan untuk mengartikulasikan sebuah teori, untuk memahami jenis bukti yang dapat mendukung atau bertentangan dengan teori untuk menjelaskan fenomena yang sama. Peserta didik yang memiliki kemampuan scientific explanation yang baik dapat memperoleh hasil belajar yang baik. Dengan melihat pentingnya kemampuan scientific explanation dalam pembelajaran sains, termasuk fisika, dalam artikel diuraikan kajian tentang kemampuan scientific explanation dan implementasi pembelajaran yang terkait dengan kemampuan tersebut.


 


Keywords: scientific, reasoning, physics instruction

Published
2017-03-30
How to Cite
SUPENO, Supeno; KURNIANINGRUM, Annisa Maya; CAHYANI, Maria Ulfa. Kemampuan Penalaran Berbasis Bukti dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 65-78, mar. 2017. ISSN 2541-4194. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jpps/article/view/6415>. Date accessed: 24 apr. 2019.
Section
Articles