Efektivitas Program Zero Waste Farming untuk Memberdayakan Peternak Domba di Korporasi Dompiland, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara

  • Mochamad Sugiarto Faculty of Animal Science, Jenderal Soedirman University, Banyumas, Central Java, Indonesia
  • Muhamad Bata Faculty of Animal Science, Jenderal Soedirman University, Banyumas, Central Java, Indonesia
  • Danang Nur Cahyo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman
  • Yusmi Nur Wakhidati Faculty of Animal Science, Jenderal Soedirman University, Banyumas, Central Java, Indonesia

Abstract





Perusahaan Dompiland Jaya merupakan kelompok ekonomi peternak yang berusaha keras untuk menjadi lebih kuat dan berdaya. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan para peternak domba di Dompiland Corporation merupakan aspek penting dan strategis untuk mendorong kelembagaan kelompok ekonomi peternak domba menjadi lebih kuat. Permasalahan yang dihadapi oleh pihak korporasi adalah kurangnya pengetahuan petani mengenai limbah kulit kopi dan keterampilan dalam mengolah pakan silase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan peternak mengenai limbah kulit kopi dan pemanfaatannya sebagai bahan pakan konsentrat ternak. Penelitian ini menggunakan 20 responden peternak domba di Perusahaan Dompiland Jaya Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji beda sampel berpasangan. Berdasarkan uji berpasangan sampel t-test, pengetahuan petani terhadap limbah kulit kopi dan pemanfaatannya sebagai bahan pakan ternak menunjukkan adanya perbedaan yang nyata sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan penyuluhan (P<0,05). Begitu pula dengan keterampilan peternak domba dalam mengolah pakan silase juga meningkat. Program zero waste farming sebagai model pemberdayaan masyarakat efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak domba di Perusahaan Dompiland Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara.





Published
2024-04-30
How to Cite
SUGIARTO, Mochamad et al. Efektivitas Program Zero Waste Farming untuk Memberdayakan Peternak Domba di Korporasi Dompiland, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara. Jurnal KIRANA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 46-54, apr. 2024. ISSN 2747-2264. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jkrn/article/view/43999>. Date accessed: 27 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jkrn.v5i1.43999.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.