Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Petani Dalam Kegiatan Usahatani Ubi Kayu Di Desa Neglasari Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara

  • Adela Priantika Program Studi Penyuluhan Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung
  • Kordiyana K Rangga Program Studi Penyuluhan Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung
  • Helvi Yanfika Program Studi Penyuluhan Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung
  • Serly Silviyanti S Program Studi Penyuluhan Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung

Abstract

Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku petani dapat menjadi salah satu penentu jumlah produksi ubi kayu, perilaku mencangkup pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam kegiatan usahatani ubi kayu. Pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimakasud terdiri dari pengolahan tanah, persiapan bibit, pola tanam, pemupukan, pemeliharaan, hingga masa panen. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku petani ubi kayu di Desa Neglasari, Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara. Penelitian dilaksanakan bulan April ˗ Mei 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan Analisis Rank Spearman. Responden berjumlah 53 orang petani ubi kayu yang berada di Desa Neglasari Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang berhubungan dengan perilaku petani ubi kayu, yaitu pengalaman usahatani, luas lahan, dan modal yang dimiliki oleh petani, dan lima faktor yang tidak berhubungan dengan perilaku petani ubi kayu di Desa Neglasari Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara yaitu umur, pendidikan, perubahan iklim, sarana produksi, dan peran penyuluh.

Published
2023-05-02
How to Cite
PRIANTIKA, Adela et al. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Petani Dalam Kegiatan Usahatani Ubi Kayu Di Desa Neglasari Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara. Jurnal KIRANA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-6, may 2023. ISSN 2747-2264. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jkrn/article/view/37547>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jkrn.v4i1.37547.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.