Studi Inovasi Kampung Flory Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Kampung Flory, Kec. Sleman)

  • Pravasta Wahyu Satriawan Pascasarjana Program Studi Sosiologi Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Faridha Hanim Pascasarjana Program Studi Sosiologi Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Artika Dowi Karunia Pascasarjana Program Studi Sosiologi Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Mofit Jamroni Pascasarjana Program Studi Sosiologi Pertanian, Universitas Brawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kehadiran inovasi kampung flory sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat desa tridadi, kec. Sleman, kab. Sleman, Provinsi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi yang ditentukan secara purposive (sengaja) yaitu Kampung Flory, Kab. Sleman. Informan kunci dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling yaitu pengelola yang mengetahui secara mendetail mengenai inovasi kampung flory. Data dari penelitian ini didapatkan dengan teknik wawancara serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari aspek karakteristik inovasi, kehadiran kampung flory sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pengelola serta telah memberikan keuntungan relatif bagi masyarakat sekitar. Pada aspek kompleksitas, kampung flory tergolong rumit namun bersifat dinamis dan kehadirannya telah berhasil melalui percobaan yang menunjukan kesesuaian. Wujud dari kampung flory juga dapat diamati oleh masyarakat sekitar. Pada aspek adopsi inovasi, wisata kampung flory telah berhasil menyadarkan dan membujuk masyarakat sekitar mengenai peluang wisata yang berorientasi pada perubahan sosial yang terencana. Awalnya Sebagian masyarakat setuju untuk mengadopsi wisata kampung flory, lalu disusul oleh masyarakat lainnya yang mendapat konfirmasi dari mereka yang telah bergabung. Masyarakat saling bercerita sampai pada akhirnya mengadopsi inovasi kampung flory. Sedangkan pada aspek pemberdayaan, inovasi kampung flory telah memberikan kesadaran, penguatan, dan memberi daya pada masyarakat sekitar untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera.

Published
2023-05-02
How to Cite
SATRIAWAN, Pravasta Wahyu et al. Studi Inovasi Kampung Flory Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Kampung Flory, Kec. Sleman). Jurnal KIRANA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17-29, may 2023. ISSN 2747-2264. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jkrn/article/view/36969>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jkrn.v4i1.36969.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.