Efektivitas Program Kartu Tani Di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan

  • Rosalina Sutikno Putri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ary Bakhtiar
  • M.Zul Marwan

Abstract

Program kartu tani sebagai alat penyaluran pupuk bersubsidi telah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, namun memang pelaksanaanya belum merata dan optimal. Kecamatan Proppo merupakan salah satu kecamatan dimana dibeberapa desa telah melaksanakan dan menggunakan program kartu tani. Namun memang belum dapat dipastikan bahwa program kartu tani ini telah efektif merata digunakan dan dilaksanakan diseluruh kecamatan proppo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas program kartu tani sebagai alat distribusi penyediaan pupuk bersubsidi di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Madura dan hambatannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa program Kartu Tani di Kecamatan Proppo sudah cukup baik dalam pelaksanaannya sehingga memiliki tingkat efektivitas yaitu cukup efektif. Terdapat beberapa hambatan pada proses efektivitas program kartu tani adalah seperti penerapan penggunaan kartu tani sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi yang belum sepenuhnya terlaksana, jumlah kios resmi tempat penebusan pupuk bersubsidi yang jumlah nya masih terbatas.

Published
2022-10-31
How to Cite
PUTRI, Rosalina Sutikno; BAKHTIAR, Ary; MARWAN, M.Zul. Efektivitas Program Kartu Tani Di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Jurnal KIRANA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 129-139, oct. 2022. ISSN 2747-2264. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jkrn/article/view/33349>. Date accessed: 29 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jkrn.v3i2.33349.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.