ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMK DALAM MEMECAHKAN MASALAH RANGKAIAN ARUS SEARAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika khususnya pada materi Rangkaian Arus Searah. Penelitian merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan sampel 58 siswa salah satu SMK kelas X di Kabupaten Malang. Data penelitian dikumpulkan dengan memanfaatkan instrumen tes tertulis tentang Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff. Penelitian ini memperoleh rerata keseluruhan tahapan Polya untuk kelas X TAB 1 dan X TAB 2 sebesar 67,13 % dengan kualifikasi cukup dengan kemampuan pada setiap tahapan dalam kemampuan memahami soal adalah 93,86 % (sangat baik), kemampuan menggunakan rumus fisika 57,54 % (cukup), kemampuan menyelesaikan langkah–langkah penyelesaian adalah 61,48 % (cukup), dan kemampuan dalam menentukan kesimpulan dan perhitungan sebesar 55,65 % (cukup). Kemampuan pemecahan masalah masih jarang diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bisa dijadikan acuan untuk mengembangkan penelitian tentang kemampuan pemecahan masalah secara lebih dalam. Selain itu, pada penelitian ini hanya diperoleh kualifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Sebaiknya pada penelitian selanjutnya, bisa dikembangkan penelitian yang membahas upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.