ANALISIS EFEK TEROBOSAN EMPAT PERINTANG PADA GRAPHENE

  • Muhammad Khoirul Huda Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Handono Budi Prastowo Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Zainur Rasyid Ridlo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang fenomena efek terobosan empat perintang yang merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yaitu tiga perintang dengan material semikonduktor yang sama yaitu graphene. Graphena merupakan material semikonduktor dengan jarak lebar celah 0,246 nm dan memiliki beda potensial sebesar 3 eV. Analisis efek tunneling menggunakan persamaan schrodinger tidak bergantung pada waktu dengan pendekatan propagasi matriks. Hasil yang ditunjukkan mendapatkan koefisien transmisi terbesar adalah 1,00 dari energy electron 0,7500 eV, artinya peluang electron dalam menerobos penghalang sampai 100%. Namun, setelah mencapai titik koefisien terbesar pada tiga penghalang electron mulai mengalami penurunan koefisien transmisi meskipun energinya semakin tinggi. Tetapi pada empat penghalang terjadi peningkatan koefisien kembali ke koefisien transmisi terbesar yaitu pada energy 1,3890 eV dan kemudian mengalami penurunan kembali. Hal ini membuktikan bahwa setiap material semikonduktor terjadi resonansi terobosan dimana koefisien transmisi yang dihasilkan mencapai nilai maksimum. Sifat-sifat graphene yang sangat istimewa ini dapat membuat suatu peluang baru dalam pemanfaatan untuk menghasilkan suatu produk bidang elektronika yang lebih baik seperti superkapsitor, transistor dan IC.

Published
2019-01-09
How to Cite
HUDA, Muhammad Khoirul; BUDI PRASTOWO, Sri Handono; RIDLO, Zainur Rasyid. ANALISIS EFEK TEROBOSAN EMPAT PERINTANG PADA GRAPHENE. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 153-158, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9412>. Date accessed: 18 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.