EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA SMA

  • Dina Rizqi Hadiyanti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Mempelajari fisika berarti melatih siswa memahami konsep fisika, memecahkan serta menemukan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjad. Konsep fisika banyak yang bersifat abstrak dan membutuhkan berbagai representasi agar dapat dikomunikasikan secara lebih efektif seperti melalui grafik atau gambar. Namun, dalam praktiknya guru masih jarang menggunakan grafik, gambar ataupun diagram sebagai bentuk representasi lain dari sebuah konsep, guru cenderung lebih menggunakan penjelasan verbal, serta siswa tidak ditantang untuk menjelaskan konsep fisika yang sama dengan menggunakan representasi lain. Dengan begitu siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas model PBL berbantuan simulasi PhET dalam meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Pakusari Tahun Ajaran 2018/2019 di kelas XI MIPA 3. Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 34 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Tes, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis N-Gain. Hasil analisis N-Gain pada kemampuan representasi matematik menunjukkan peningkatan rerata N-Gain kemampuan representasi matematik dari pertemuan I- pertemuan IV berada pada kisaran angka 27-43% dengan kategori rendah-sedang. Dengan meningkatnya N-Gain tiap pertemuan model PBL berbantuan simulasi PhET efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa SMA.

Published
2019-01-09
How to Cite
HADIYANTI, Dina Rizqi; MAHARDIKA, I Ketut; ASTUTIK, Sri. EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 119-124, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9406>. Date accessed: 19 july 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.