LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI DISERTAI SCAFFOLDING PROMPTING QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

  • Annisaa’ Mardiani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Supeno Supeno Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Menulis dapat digunakan untuk melihat kemampuan seseorang dalam menganalisis dan merefleksikan hasil berpikirnya yang termasuk ke dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS) dan merupakan aspek penting dalam pembelajaran karena keterampilan ini dapat menjadi indikasi keberhasilan belajar salah satunya fisika. Menulis ilmiah pada pelajaran fisika dapat dilihat dari laporan kegiatan praktikum.Kegiatan menulis memerlukan kemampuan siswa untuk mengaplikasikan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi pengetahuan yang telah diperoleh namun selama ini belum terlaksana dengan baik.Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis ini adalah dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, namun dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala yaitu kesulitan yang dialami oleh siswa.Sehingga peneliti menawarkan solusi dengan membuat LKS berbasis inkuiri berbantuan scaffolding prompting question.Adapun keterampilan menulis akan dinilai menurut indikator menulis ilmiah yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dan dilaksanakan di kelas XI MIPA di SMA.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri berbantuan scaffolding prompting question mampu meningkatkan keterampilan menulis ilmiah fisika siswa SMA.

Published
2019-01-09
How to Cite
MARDIANI, Annisaa’; SUPENO, Supeno; MARYANI, Maryani. LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI DISERTAI SCAFFOLDING PROMPTING QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 101-106, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9402>. Date accessed: 26 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.