VIDEOSCRIBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SD

  • Khoirotul Adabiyah universitas jember
  • Eka Agustina R Putri

Abstract

Hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan merupakan salah satu materi IPA yang diajarkan pada siswa kelas 4 SD. Materi ini mempelajari tentang hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Media Videoscribe adalah media pembelajaran berupa video animasi yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya menggunakan aplikasi sparkol videoscribe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Reseacrh and Development (penelitian dan pengembangan) model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran videoscribe dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran IPA. Media ini juga dapat digunakan untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan yang merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter.

Published
2018-12-28
How to Cite
ADABIYAH, Khoirotul; PUTRI, Eka Agustina R. VIDEOSCRIBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SD. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 17-27, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9361>. Date accessed: 13 aug. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.