ANALISIS PENGUASAAN KONSEP – KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK PADA SISWA KELAS XII SMA
Abstract
Penguasaan konsep adalah kemampuan dalam memahami makna secara ilmiah baik teori maupun penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Penguasaan konsep diperlukan agar siswa dapat menguasai materi sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep gelombang elektromagnetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan purporsive sampling area yang diambil satu kelas pada kelas XII SMA semester genap pada tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) penguasaan konsep berdasarkan materi gelombang elektromagnetik 17,72% siswa dapat menguasai konsep fisika pada materi gelombang elektromagnetik, 37,59% siswa cukup menguasai konsep fisika pada materi gelombang elektromagnetik, dan 44,69% siswa kurang menguasai konsep fisika pada materi gelombang elektromagnetik ; penguasaan konsep berdasarkan indikator penguasaan konsep mengingat (C1), memahami (C2),mengaplikasikan (C3), dan menaganalisis (C4) lebih unggul daripada indikator penguasaan konsep mengevaluasi (C5), dan membuat (C6) yang dapat dikatakan masih dalam kategori rendah atau siswa tidak menguasai konsep pada indikator tersebut .
Keywords: Penguasaan Konsep, Gelombang Elektromagnetik, Taksonomi Bloom.