KEFEKTIFAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INQUIRY TERBIMBING DENGAN PENEKANAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Tutik Handayaningsih Universitas Sebelas Maret
  • Sukarmin Sukarmin Universitas Sebelas Maret
  • Sugiyarto Sugiyarto Universitas Sebelas Maret

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul IPA berbasis inquiry terbimbing dengan penekanan berpikir kritis pada tema sifat dan perubahan fisika zat. Penelitian pengembangan ini menggunakan  Model R & D model siklus 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Sampel penelitian yaitu kelas VII SMP. Teknik Analisis penelitian yaitu analisis digunakan adalah deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes kemampuan berpikir dengan uji t-paired sampel dan pretes-postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA Terpadu berbasis Inquiry Terbimbing efektif digunakan sebagai bahan ajar baru, keefektifan modul didasarkan atas hasil perhitungan N-gain yang ditinjau dari kenaikan hasil tes kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,73 yang dikategorikan "Tinggi".


Kata kunci: Modul IPA Terpadu, Inquiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis.

Published
2018-04-07
How to Cite
HANDAYANINGSIH, Tutik; SUKARMIN, Sukarmin; SUGIYARTO, Sugiyarto. KEFEKTIFAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INQUIRY TERBIMBING DENGAN PENEKANAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 236-240, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7409>. Date accessed: 05 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.