KAJIAN TUMBUKAN SENTRAL DAN TAK SENTRAL PADA PERMAINAN BILLLIARDS SEBAGAI RANCANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA
Abstract
Fisika adalah ilmu tentang gejala alam dan perilaku alam sepanjang dapat diamati oleh manusia. Fisika
penting dalam kehidupan manusia karena banyak peristiwa dalam kehidupan yang melibatkan ilmu fisika
baik yang disadari maupun tanpa disadari. Namun pengaplikasian fisika yang bersifat nyata pada
umumnya tidak mudah untuk diajarkan di kelas. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk
memudahkan pembelajaran fisika adalah penggunaan bahan ajar kontekstual. Pada bahan ajar kontekstual
khususnya bidang fisika, materi yang dicantumkan dalam bahan ajar merupakan hasil kajian konsep fisika
yang berkaitan dengan kejadian kontekstual di alam. Kejadian kontekstual yang dipilih merupakan
fenomena yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun bahan ajar fisika selama ini masih
bersifat linier, yaitu bahan ajar hanya menyajikan konsep dan prinsip, contoh soal, dan latihan soal.
Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai pembuatan bahan ajar kontekstual khususnya pada kajian
materi fisika. Telah dilakukan penelitian mengenai kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada
permainan billiards. Penelitian ini menghasilkan data-data kontekstual berkaitan dengan materi tumbukan
diantaranya kecepatan linier , momentum linier , dan koefisien restitusi . Data-data yang
diperoleh akan diolah dan dibuat suatu rancangan bahan ajar fisika SMA. Rancangan bahan ajar yang
dibuat diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembuatan bahan ajar fisika kontekstual materi tumbukan.
Kata Kunci: Billiards, kajian, rancangan bahan ajar, tumbukan sentral, tumbukan tak sentral