KAJIAN TUMBUKAN SENTRAL DAN TAK SENTRAL PADA PERMAINAN BILLLIARDS SEBAGAI RANCANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA

  • Fani Aldilah Rosyadi UNIVERSITAS JEMBER
  • Bambang Supriadi UNIVERSITAS JEMBER
  • Albertus Djoko Lesmono UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Fisika adalah ilmu tentang gejala alam dan perilaku alam sepanjang dapat diamati oleh manusia. Fisika
penting dalam kehidupan manusia karena banyak peristiwa dalam kehidupan yang melibatkan ilmu fisika
baik yang disadari maupun tanpa disadari. Namun pengaplikasian fisika yang bersifat nyata pada
umumnya tidak mudah untuk diajarkan di kelas. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk
memudahkan pembelajaran fisika adalah penggunaan bahan ajar kontekstual. Pada bahan ajar kontekstual
khususnya bidang fisika, materi yang dicantumkan dalam bahan ajar merupakan hasil kajian konsep fisika
yang berkaitan dengan kejadian kontekstual di alam. Kejadian kontekstual yang dipilih merupakan
fenomena yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun bahan ajar fisika selama ini masih
bersifat linier, yaitu bahan ajar hanya menyajikan konsep dan prinsip, contoh soal, dan latihan soal.
Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai pembuatan bahan ajar kontekstual khususnya pada kajian
materi fisika. Telah dilakukan penelitian mengenai kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada
permainan billiards. Penelitian ini menghasilkan data-data kontekstual berkaitan dengan materi tumbukan
diantaranya kecepatan linier , momentum linier , dan koefisien restitusi . Data-data yang
diperoleh akan diolah dan dibuat suatu rancangan bahan ajar fisika SMA. Rancangan bahan ajar yang
dibuat diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembuatan bahan ajar fisika kontekstual materi tumbukan.
Kata Kunci: Billiards, kajian, rancangan bahan ajar, tumbukan sentral, tumbukan tak sentral

Published
2018-04-06
How to Cite
ROSYADI, Fani Aldilah; SUPRIADI, Bambang; LESMONO, Albertus Djoko. KAJIAN TUMBUKAN SENTRAL DAN TAK SENTRAL PADA PERMAINAN BILLLIARDS SEBAGAI RANCANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 127-134, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7383>. Date accessed: 24 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.