EFEKTIFITAS MODEL COLLABORATIVE CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

  • Fina Puspitasari UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Astutik UNIVERSITAS JEMBER
  • Sudarti Sudarti UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Model pembelajaran Collaborative Creativity merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan
pada kreativitas dan kemampuan menyampaikan pendapat siswa. Siswa memiliki banyak kesempatan
untuk mengeksplorasi idenya berkaitan dengan permasalahan-permasalahan fisika. Pembelajaran
menggunakan model Collaborative Creativity ini menggunakan metode pembelajaran student center
learning, sehingga dalam pembelajaran siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai pemberi rangsangan saja.
Guru memberikan pernasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan fisika sedangkan siswa menentukan
hipotesis, lalu bereksperimen untuk menguji hipotesis, kemudian menjawab analisa data agar dapat
memberikan kesimpulan. Seluruh kegiatan dilakukan siswa melalui diskusi dengan temannya. Siswa
melakukan diskusi dengan 2 tahap, yang pertama dengan kelompok kecil kemudian di diskusikan dengan
kelompok besar untuk mecapai kesepakatan. Melalui kegiatan diskusi berkali-kali dan bereksperimen
langsung siswa dapat lebih mudah memaknai dan memahami konsep, sehingga memudahkan siswa dalam
menyelesaikan permasalahan-permasalahan fisika. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan
keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran Collaborative Creativity.
Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiman. Desain
penelitian yang digunakan adalah pre test post test control group design. Hasil penelitian menunjukan rata
rata peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa sebesar 0,67.
Kata Kunci : Collaborative Creativity, Keterampilan Pemecahan Masalah

Author Biographies

Fina Puspitasari, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika

Sri Astutik, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Sudarti Sudarti, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Published
2018-04-06
How to Cite
PUSPITASARI, Fina; ASTUTIK, Sri; SUDARTI, Sudarti. EFEKTIFITAS MODEL COLLABORATIVE CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 116-120, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7381>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.