MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujan: (1) mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing pada pokok bahasan hukum
newton terhadap hasil belajar siswa SMA, dan (2) mengkaji tingkat kemampuan keterampilan proses sains
siswa SMA dalam pembelajaran fisika melalui model inkuiri terbimbing pada pokok bahasan hukum
newton. Model penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain penelitian pretest
posttest control group design. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas X MIPA 4 (kelas
eksperimen) dan X MIPA 2 (kelas kontrol) SMA Muhammadiyah 3 Jember. Data yang diperoleh antara
lain hasil pretest, posttest dan skor keterampilan proses sains. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan
statistik yang terdiri dari uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Dari analisis uji-t diperoleh signifikan
(sig 2-tailed) sebesar 0,000 0,05, maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima bahwa ada perbedaan nilai
skor rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat
dari hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,23 sedangkan kelas kontrol hanya memiliki
rata-rata 58,41. Berdasarkan hasil analisis keterampilan proses sains siswa melalui tiga percobaan
memperoleh nilai berturut-turut 85,58;88,61;95,18 dalam kriteria sangat baik. Dengan demikian model
pembelajaran inkuiri menggunakan alat percobaan sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar dan
keterampilan proses sains siswa di SMA.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Fisika, Hukum Newton