ANALISIS PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING KONSEPTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

  • Muhammad Amiruddin UNIVERSITAS JEMBER
  • Srihandono Budi Prastowo UNIVERSITAS JEMBER
  • Trapsilo Prihandono UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Strategi scaffolding merupakan praktik yang didasarkan pada konsep Vigotsky mengenai zona of
proximal development (zona perkembangan terdekat). Penerapan strategi scaffolding dalam
pembelajaran berarti guru memberikan sejumlah bantuan kepada siswa yang sedang dalam kesulitan
dan kemudian menghilangkan bantuan tersebut, segera setelah siswa dirasa mampu menyelsaikannya
sendiri. Dalam praktik pelaksanaan strategi scaffolding, guru bisa memadukannya dengan model
model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian
ini merupakan studi literatur, yaitu dengan merangkum dan mereview beberapa penelitian yang
pernah dilakukan dengan tujuan untuk mendekripsikan serta menginterpretasikan informasi yang
relevan terkait penerapan strategi scaffolding konseptual dalam model pembelajaran terhadap hasil
belajar siswa. Dari pencarian litertur, didapatkan 3 buah penelitian terkait penerapan strategi
scaffolding konseptual yang dipadukan dalam 3 model pembelajaran yang berbeda. Penelitian
pertama menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), penelitian kedua menggunakan
model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), dan penelitian ketiga menggunakan model
pembelajaran Student Teams-Achievement Devinisions (STAD). Berdasarkan hasil analisis literatur
tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi scaffolding konseptual dalam model
pembelajaran memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa.
Kata Kunci: ZPD, Strategi Scaffolding Konseptual, Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Author Biographies

Muhammad Amiruddin, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Srihandono Budi Prastowo, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Trapsilo Prihandono, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Published
2018-04-06
How to Cite
AMIRUDDIN, Muhammad; PRASTOWO, Srihandono Budi; PRIHANDONO, Trapsilo. ANALISIS PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING KONSEPTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 39-45, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7367>. Date accessed: 24 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.