ANALISIS PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING KONSEPTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Abstract
Strategi scaffolding merupakan praktik yang didasarkan pada konsep Vigotsky mengenai zona of
proximal development (zona perkembangan terdekat). Penerapan strategi scaffolding dalam
pembelajaran berarti guru memberikan sejumlah bantuan kepada siswa yang sedang dalam kesulitan
dan kemudian menghilangkan bantuan tersebut, segera setelah siswa dirasa mampu menyelsaikannya
sendiri. Dalam praktik pelaksanaan strategi scaffolding, guru bisa memadukannya dengan model
model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian
ini merupakan studi literatur, yaitu dengan merangkum dan mereview beberapa penelitian yang
pernah dilakukan dengan tujuan untuk mendekripsikan serta menginterpretasikan informasi yang
relevan terkait penerapan strategi scaffolding konseptual dalam model pembelajaran terhadap hasil
belajar siswa. Dari pencarian litertur, didapatkan 3 buah penelitian terkait penerapan strategi
scaffolding konseptual yang dipadukan dalam 3 model pembelajaran yang berbeda. Penelitian
pertama menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), penelitian kedua menggunakan
model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), dan penelitian ketiga menggunakan model
pembelajaran Student Teams-Achievement Devinisions (STAD). Berdasarkan hasil analisis literatur
tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi scaffolding konseptual dalam model
pembelajaran memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa.
Kata Kunci: ZPD, Strategi Scaffolding Konseptual, Model Pembelajaran, Hasil Belajar