PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA BAHASAN SUHU DAN KALOR DI SMA NU

  • Albertus Djoko Lesmono
  • Zainal Arifin
  • Maryani .

Abstract

Dalam kegiatan pemebelajaran biasa digunakan bahan, salah satunya bahan ajar LKS. LKS yang biasa digunakan dan beredar belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dalam penerapan kurikulum 2013 yang berbasis saintifik diperlukan model pembelajaran yang tepat. LKS berbasis problem based learning (PBL) pada pokok bahasan suhu dan kalor adalah solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA NU Genteng. Penelitian ini didasarkan pada model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 4 langkah, yaitu: (1) Analisis awal-akhir, (2) Desain LKS, (3) validasi dan revisi, (4) uji empiris dan revisi. Desain pemilihan test yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Hasil dari nilai pre test dan pos test dijadikan dasar untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA NU Genteng adalah 0,7. Nilai 0,7 adalah termasuk kategori tinggi, sehingga LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor bisa dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2017-12-23
How to Cite
LESMONO, Albertus Djoko; ARIFIN, Zainal; ., Maryani. PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA BAHASAN SUHU DAN KALOR DI SMA NU. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6384>. Date accessed: 31 mar. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.