PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERBASIS E-PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMA
Abstract
Penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan. Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian proyek berbasis e-portofolio pada pokok bahasan suhu, kalor, dan perpindahannya di SMA. Instrumen penilaian proyek berbasis e-portofolio pada pokok bahasan suhu, kalor dan perpindahan kalor untuk SMA merupakan suatu instrumen penilaian berbentuk website yang dapat diakses guru maupun peserta didik. Instrumen penilaian tersebut dapat menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik yang dinilai melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, presentasi dan pelaporan proyek. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, nilai proyek, dan angket respon. Berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi pengguna, instrumen penilaian mendapat skor 86,00% berada dalam kategori sangat valid. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa rata-rata koefisien reliabilitas sebesar 0,783 yang masuk dalam kategori tinggi. Kepraktisan instrumen penilaian proyek berbasis e-portofolio sebesar 82,37% yang termasuk dalam kategori sangat kuat .