PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERBASIS E-PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMA

  • Albertus Djoko Lesmono
  • Dewinta Agustin
  • Subiki .

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan. Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian proyek berbasis e-portofolio pada pokok bahasan suhu, kalor, dan perpindahannya di SMA. Instrumen penilaian proyek berbasis e-portofolio pada pokok bahasan suhu, kalor dan perpindahan kalor untuk SMA merupakan suatu instrumen penilaian berbentuk website yang dapat diakses guru maupun peserta didik. Instrumen penilaian tersebut dapat menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik yang dinilai melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, presentasi dan pelaporan proyek. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, nilai proyek, dan angket respon. Berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi pengguna,  instrumen penilaian mendapat skor 86,00%  berada dalam kategori sangat valid. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa rata-rata koefisien reliabilitas sebesar 0,783  yang masuk dalam kategori tinggi. Kepraktisan instrumen penilaian proyek berbasis e-portofolio sebesar 82,37% yang termasuk dalam kategori sangat kuat .

Published
2017-12-23
How to Cite
LESMONO, Albertus Djoko; AGUSTIN, Dewinta; ., Subiki. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERBASIS E-PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6377>. Date accessed: 18 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.