PENGEMBANGAN MODUL IPA DISERTAI PUZZLE PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP

  • Luluk Il Mukarromah
  • Rayendra Wahyu Bachtiar
  • Bambang Supriadi

Abstract

Pembelajaran IPA menghubungkan tiga kajian ilmu yakni fisika, kimia, dan biologi yang  menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Namun pandangan secara umum yang banyak terjadi siswa masih menganggap mata pelajaran IPA khususnya fisika sebagai mata pelajaran yang paling sulit sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar dan kurang mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) mengembangkan Modul IPA Disertai Puzzle, 2) mengetahui hasil belajar siswa, dan 3) Mengetahui respon siswa terhadap Modul IPA Disertai Puzzle.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Langkah atau prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian adalah produk modul IPA disertai puzzle, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap modul IPA disertai puzzle. Berdasarkan analisis data hasil penilaian validasi ahli, didapatkan nilai rata-rata setiap aspek sebesar 4,01 dengan kategori valid. Rerata hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA disertai puzzle yang diperoleh sebesar 77,4. Respon siswa yang diperoleh terhadap modul IPA disertai puzzle adalah sebesar 97%.

Published
2017-12-23
How to Cite
MUKARROMAH, Luluk Il; BACHTIAR, Rayendra Wahyu; SUPRIADI, Bambang. PENGEMBANGAN MODUL IPA DISERTAI PUZZLE PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6363>. Date accessed: 31 mar. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.