STUDI LITERATUR PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG (TTS) DI SMA

  • Debi Devianti
  • Sudarti .
  • Sri Handono Budi Prastowo

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, baik interaksi secara langsung seperti kegiatan tatap muka maupun secara tidak langsung, yaitu dengan menggunakan berbagai media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yaitu Modul yang dapat digunakan sebagai inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Modul merupakan sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sesuai tingkat pengatahuan dan usia siswa. Permainan edukatif merupakan permainan yang khusus dirancang untuk mengajarkan pemain suatu pembelajaran tertentu, pengembangan konsep dan pemahaman dan membimbing mereka dalam melatih kemampuan mereka, serta memotivasi mereka untuk memainkannya. Permaian edukatif yang ada pada modul yaitu teka-teki silang yang sudah banyak diketahui oleh siswa. Pengembangan modul pembelajaran fisika menggunakan desain Borg and Gall yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, efektivitas dan kepraktisan modul. Validitas modul pembelajaran fisika berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) memperoleh persentasi 84%   rata-rata dengan kriteria sangat valid. Efektivitas modul dapat lihat dari perhitungan skor pretest dan postest yang memperoleh nilai rata- rata 86% dan untuk kepraktisan dapat diperoleh dari respon siswa dalam menggunakan bahan ajar dengan memperoleh persentasi rata-rata 2,85. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa studi literatur pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) di SMA dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.

Published
2017-12-23
How to Cite
DEVIANTI, Debi; ., Sudarti; PRASTOWO, Sri Handono Budi. STUDI LITERATUR PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG (TTS) DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6345>. Date accessed: 24 feb. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.