IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII PADA MATERI POKOK GELOMBANG CAHAYA DI SMA

  • Nur Fitriah Andriyani
  • Trapsilo Prihandono
  • Maryani .

Abstract

Pembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala yang disebabkan siswa pasif pada proses pembelajaran di kelas. Kurangnya minat siswa akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran fisika. Selain itu, kurangnya perhatian guru terhadap keadaan kelas, yang hanya mementingkan ceramah atau hanya menerangkan materi di depan kelas tanpa memikirkan pemahaman konsep siswa membuat siswa kurang memahami konsep fisika secara utuh. Pemahaman konsep adalah kemampuan menangkap pengertian - pengertian seperti mampu mengungkapkan suatu materi yang disajikan ke dalam bentuk yang lebih dipahami (Translasi), mampu memberikan interpretasi, dan mampu mengaplikasikannya (Ekstrapolasi). Pemahaman konsep sangat diperlukan bagi siswa yang sudah mengalami proses belajar. Identifikasi pada penelitian ini merujuk pada tingkat pemahaman konsep gelombang cahaya dengan menggunakan tes diagnostik tiga tahap. Tes diagnostik digunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa dalam memahami konsep tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pemahaman konsep yang dikuasi oleh siswa.

Published
2017-12-23
How to Cite
ANDRIYANI, Nur Fitriah; PRIHANDONO, Trapsilo; ., Maryani. IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII PADA MATERI POKOK GELOMBANG CAHAYA DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6344>. Date accessed: 31 mar. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.