PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS UNO SMART CARD PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA DI SMK

  • Alfadilah Cipta Rini
  • Albertus Djoko Lesmono
  • Alex Harijanto

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK dan petunjuk penggunaan media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, keefektifan, serta kepraktisan dari media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK . Media UNO Smart Card ini diujicobakan secara terbatas kepada siswa SMKN 5 Jember kelas X KIA 1 dengan jumlah siswa 36 dan X KIA 2 dengan jumlah 35 siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi, pre test dan post test, lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar keterlaksanaan, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media UNO Smart Card dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata validitas sebesar 81,33% yang masuk dalam kategori valid, efektif dilihat dari hasil pre test dan post test sebesar 0,77 % dan aktivitas siswa sebesar 87,79 %, praktis dilihat dari hasil keterlaksanaan sebesar 93,33 % dan respon siswa sebesar 91,93%.

Published
2017-12-19
How to Cite
RINI, Alfadilah Cipta; LESMONO, Albertus Djoko; HARIJANTO, Alex. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS UNO SMART CARD PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA DI SMK. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6286>. Date accessed: 11 apr. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.