KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) SMP DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCAFFOLDING

  • Subiki .
  • Dyah Ayu Setyarini
  • Supeno .

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis scaffolding untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam kebutuhan penggunaan scaffolding. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam 4 kali pertemuan, siswa berkemampuan tinggi membutuhkan scaffolding penuh hanya pada awal pembelajaran, untuk pertemuan selanjutnya scaffolding yang dibutuhkan hanya pada indikator kemampuan berpikir kritis evaluasi. Siswa berkemampuan sedang membutuhkan scaffolding lebih banyak dari pada siswa berkemampuan tinggi setiap pertemuannya. Siswa berkemampuan sedang selama 4 kali pertemuan mampu secara mandiri tanpa scaffolding pada indikator interpretasi, analisis, dan inferensi. Siswa berkemampuan rendah membutuhkan scaffolding yang terbanyak setiap pertemuannya. Siswa berkemampuan rendah mampu secara mandiri tanpa scaffolding setelah 4 kali pertemuan tetapi hanya pada indikator interpretasi dan analisis. kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah membutuhkan scaffolding yang berbeda setiap pertemuannya hal ini dipengaruhi oleh tingkat ZPD yang dimiliki setiap siswa.

Published
2017-12-16
How to Cite
., Subiki; SETYARINI, Dyah Ayu; ., Supeno. KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) SMP DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCAFFOLDING. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6249>. Date accessed: 07 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.