IDENTIFIKASI PEMAMAHAN KONSEP FISIKA TERHADAP POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA PADA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa di SMA pada pokok bahasan Termodinamika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik pilihan ganda (multiple coice) yang dilengkapi CRI (Certainty of Response Index). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 4 di SMAN Pakusari, kelas XII MIPA 1 Kalisat, dan kelas XII MIPA 1 di SMAN Arjasa yang dipilih berdasarkan pertimbangan telah mempelajari materi pokok bahasan Termodinamika. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan persentase pemahaman konsep paling tinggi yaitu siswa SMAN Arjasa yakni sebesar 47,78% dengan Miskonsepsi sebesar 15,74%, Paham Konsep tetapi Kurang Yakin sebesar 5,56%, dan Tidak Tahu Konsep sebesar 30,93%. Berdasarkan aspek pemahaman konsep, siswa SMAN Arjasa berada pada aspek interpretasi yakni sebesar 72,97%. Tertinggi kedua yaitu SMAN Kalisat yakni sebesar 11,17% dengan Miskonsepsi sebesar 22,88%, Paham Konsep tetapi Kurang Yakin sebesar 1,98%, dan Tidak Tahu Konsep sebesar 63,96%. Berdasarkan aspek pemahaman konsep, siswa SMAN Kalisat berada pada aspek ekstrapolasi yakni sebesar 25,16%. Sedangkan SMAN Pakusari memiliki tingkat pemahaman konsep terendah yakni sebesar 9,03%, dengan Miskonsepsi sebesar 32,90%, Paham Konsep tetapi Kurang Yakin sebesar 2,58%, dan Tidak Tahu Konsep sebesar 55,48%. Berdasarkan aspek pemahaman konsep, siswa SMAN Pakusari berada pada aspek ekstrapolasi yakni sebesar 25,41%.