PENGARUH KONSENTRASI DAN SUHU LARUTAN NaCl TERHADAP TRANSMITANSI CAHAYA DALAM LARUTAN NaCl MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETER

  • Shoenal Gufron Universitas Jember
  • Agus Abdul Gani Universitas Jember
  • Yushardi Yushardi Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsentrasi NaCl dan suhu larutan NaCl terhadap transmitansi cahaya. Metode yang digunakan adalah metode spektrofotometri dengan variasi konsentrasi larutan NaCl 20%, 10%, 5%, 2.5%, 1.25%, dan variasi suhu larutan NaCl yang digunakan adalah 400C, 450C, 500C, 550C, 600C. Pengukuran nilai transmitansi menggunakan spektrofotometer UV-Vis dengan panjang gelombang 270x10-9m. Berdasarkan analisis diperoleh nilai transmitansi pada larutan NaCl dengan konstrasi 1.25% memiliki nilai transmitansi tertinggi dari pada larutan lain pada suhu yang sama, sedangkan larutan NaCl dengan suhu 600C memiliki nilai transmitansi tertinggi dari pada larutan NaCl yang lain pada konsentrasi yang sama. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah semakin rendah konsentrasi NaCl dalam larutan maka nilai transmitansinya semakin besar dan semakin tinggi suhu larutan NaCl maka nilai transmitansinya semakin besar pula.


Kata kunci :konsentrasi, suhu, dan transmitansi.

Published
2016-12-19
How to Cite
GUFRON, Shoenal; GANI, Agus Abdul; YUSHARDI, Yushardi. PENGARUH KONSENTRASI DAN SUHU LARUTAN NaCl TERHADAP TRANSMITANSI CAHAYA DALAM LARUTAN NaCl MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 119-123, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5855>. Date accessed: 14 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.