PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini berawal dari penerapan pembelajaran yang lebih menekankan pada kemampuan kognitif saja, sebenarnya ada hal lain tak kalah penting yaitu memberikan pendidikan karakter pada anak didik. Pendidikan karakter perannya begitu besar bagi pembentukan akhlak dan moral anak bangsa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan 1) menerapkan perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika, 2) mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, 3) menerapkan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa a) penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan sebuah penerapan pendidikan karakter ke dalam sebuah kurikulum. Kurikulum dalam hal ini meliputi silabus serta RPP, sedangkan RPP diterapkan untuk setiap kegiatan pembelajaran matematika, b) mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran matematika termasuk pelaksanaan pendidikan karakter dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab kepada anak didik, implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan inti dilakukan dengan diskusi kelompok sehingga melatih siswa untuk bekerja keras, kreatif, berfikir logis, dan kritis. Pada tahap penutupan untuk melaksanakan pendidikan karakter dilakukan dengan pemberian tugas pengamatan pada keakuratan materi untuk melatih siswa, c) penerapan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran matematika dilakukan dengan memberikan teguran dan sangsi bila ada ujian atau tes untuk melatih kejujuran dan tanggung jawab siswa.
Kata kunci: penerapan, karakter, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi