PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBENTUK KARAKTER BANGSA

  • Dian Eka Wahyuni
  • Sitti Aliffatul Hasanah

Abstract

Tujuan utama pendidikan dan pengajaran adalah untuk membentuk manusia susila yang cakap dan warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana membentuk manusia susila yang cakap yang mencerminkan
karakter bangsa. Upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa salah satunya adalah melalui pendidikan, khususnya pendidikan di Sekolah Dasar yang merupakan tempat awal pembentukan karakter anak selain di rumah. Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dapat menjadi strategi dalam
menanamkan nilai-nilai karakter melalui situasi kongkrit yang dekat dengan kehidupan sehari-hari anak. Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar sangatlah penting diterapkan karena manusia susila yang cakap tidak akan terbentuk dengan mudah, diperlukan proses yang panjang dan menyeluruh. Oleh karena itu, nilai-nilai karakter ini harus di tanamkan pada siswa Sekolah Dasar untuk memudahkan terwujudnya tujuan utama pendidikan yaitu membentuk manusia susila yang cakap, sesuai dengan karakter bangsa.


Kata kunci : Pendidikan karakter, Kearifan lokal, Karakter bangsa

Published
2016-12-19
How to Cite
WAHYUNI, Dian Eka; HASANAH, Sitti Aliffatul. PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBENTUK KARAKTER BANGSA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 19-24, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5828>. Date accessed: 07 july 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.