TEKS (LAGU) DOLANAN ANAK: WARISAN DAN INDENTITAS BUDAYA BANGSA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBENTUK KARAKTER ANAK BANGSA

  • Nurweni Saptawuryandari

Abstract

Abstrak: Salah satu upaya untuk menangkal arus globalisasi yang melanda kehidupan sekarang ini, dapat dilakukan dengan cara mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai kearifan budaya bangsa. Nilai-nilai kearifan budaya bangsa (lokal) terdapat dalam cerita rakyat, dongeng, dan lagu (teks) dolanan anak-anak. Teks (lagu) dolanan anak-anak  merupakan jenis nyanyian rakyat, yang biasanya dapat dilakukan sambil bermain dan bernyanyi.. Nyanyian rakyat adalah salah satu genre atau bentuk floklor yang terdiri dari kata-kata dan lagu. Dalam teks (lagu) dolanan anak-anak  terdapat unsur utile ut dulce sehingga dapatlah dikatakan bahwa lagu (teks) dolanan anak-anak mengandung hiburan dan manfaat berupa pendidikan moral dan budi pekerti. Cublak-Cublak Suweng, Lintang Sumebar, Enthik, Aja Ngewak-Ewakeke, Nora Gampang, Sinten Nunggang Sepur, Menthog-Menthog, dan Lepetan adalah beberapa lagu (teks) dolanan anak-anak yang di dalamnya mengandung nilai-nilai kearifan budaya lokal, pendidikan moral, dan budi pekerti. Sebagai bagian dari pendidikan kesenian, Teks (lagu) dolanan anak-anak secara tidak langsung mendidik anak-anak berdasarkan nilai-nilai kebudayaan bangsa. Selain mendidik anak-anak berdasarkan kebudayaannya sendiri, teks (lagu) dolanan anak-anak juga mendidik anak-anak menjadi manusia berkarakter, estetis, yang aktif, kreatif dan berkrepibadian baik. Untuk itu, sepantasnyalah, teks (lagu) dolanan anak-anak terus diperkenalkan kepada generasi muda (anak-anak) agar mereka mengenal, memahami, dan mencintai budaya bangsanya.


 


Kata-kata Kunci: nilai-nilai budaya, manusia berkarakter, dan estetis

Published
2017-07-11
How to Cite
SAPTAWURYANDARI, Nurweni. TEKS (LAGU) DOLANAN ANAK: WARISAN DAN INDENTITAS BUDAYA BANGSA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBENTUK KARAKTER ANAK BANGSA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 615-622, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4935>. Date accessed: 17 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.