FENOMENA GLOBAL DALAM PROSA FIKSI INDONESIA

  • Endang Sriwidayati

Abstract

Abstrak: Bangsa Indonesia telah bergaul dengan bangsa-bangsa lain di dunia sebelum abad ke 20. Pergaulan tersebut mengakibatkan saling pengaruh dan mempengaruhi. Saling pengaruh mempengaruhi terjadi pula di dalam karya sastra di Indonesia, seperti Mahabarata dan Ramayana (pengaruh dari India yang beragama Hindu) atau bangsa Indonesia yang mempengaruhi bangsa lain, dengan cerita Panji yang dikenal luas di Malaysia, di Hindia Belakang. Pengaruh mempengaruhi inilah yang menjadikan fenomena prosa fiksi Indonesia saat ini menjadi global. Fenomena global yang dikemukakan pengarang prosa fiksi tersebut menarik untuk dicermati, dan diapresiasi,agar dalam era globlalisasi saat ini, kita sebagai warga masyarakat sastra, mampu beradaptasi maupun berkreasi sesuai keinginan zamannynya. Berdasarkan pada apa yang telah diuraikan, maka rumusan masalahnya adalah: Bagaimanakah Fenomena global dalam prosa fiksi Indonesia dalam karya-karyanya. Fenomena prosa fiksi Indonesia setelah dicermati menunjukkan bahwa prosa fiksi Indonesia baik sebelum Perang Dunia Kedua sampai dengan prosa fiksi Indonesia modern, dan kontemporer berfenomena globlal. Simpulan yang diperoleh menunjukkan; Jika seseorang mampu menghayati makna global dalam prosa fiksi, baik dari sisi isi, pandangan dan sikap hidup, bahasa dan ide kreatif yang dikemukakan pengarang, maka dapat dipastikan dapat menyiasati arus globlalisasi saat ini maupun yang akan datang.


 


Kata-kata Kunci: fenomena global, prosa fiksi, Indonesia

Published
2017-07-07
How to Cite
SRIWIDAYATI, Endang. FENOMENA GLOBAL DALAM PROSA FIKSI INDONESIA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 505-518, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4920>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.