MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI LISTRIK STATIS

  • Widya Mutiara Mukti
  • Yudhia Bella Puspita N
  • Zanetti Dyah Anggraeni

Abstract

Pendidikan adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan, dimana pendidikan merupakan suatu proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan potensi dirinya. Wabah Covid-19 membawa dampak yang cukup signifikan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan yang mana mengharuskan proses pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara online. Guru sebagai pendidik dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu contohnya yaitu pembuatan media pembelajaran berbasis web dengan memanfaatkan Google Sites. Google Sites merupakan aplikasi online yang diluncurkan oleh google untuk pembuatan website kelas, sekolah, atau lainnya dengan menggabungkan berbagai informasi dalam satu tempat dan dapat dibagikan sesuai kebutuhan penggunanya. Google Sites juga dapat diakses secara gratis oleh pengguna yang memiliki akun google baik melalui tablet, PC, maupun smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penggunaan media pembelajaran Fisika dalam bentuk modul elektronik berbasis web dengan menggunakan Google Sites pada materi Listrik Statis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka/kajian literatur dengan sumber data yang diperoleh adalah sumber data sekunder. Media pembelajaran ini dirancang untuk membantu peserta didik agar dapat belajar secara mandiri.

Published
2020-12-30
How to Cite
MUKTI, Widya Mutiara; PUSPITA N, Yudhia Bella; ANGGRAENI, Zanetti Dyah. MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI LISTRIK STATIS. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 51 - 59, dec. 2020. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21703>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.