ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJELASKAN FENOMENA IPA DI SEKITAR LINGKUNGAN

  • Aris Singgih Budiarso
  • Sutarto Sutarto
  • Septya Rohmatillah

Abstract

Ilmu berkaitan dengan upaya-upaya untuk memperoleh pemahaman secara sistematis terkait dengan alam, yang tidak hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep atau prinsip, tetapi juga proses penemuan. Ilmu merupakan rangkaian proses yang dibarengi dengan sikap ilmiah untuk mendapatkan suatu produk. Namun demikian, hingga saat ini siswa sebagai subjek pembelajaran menganggap pembelajaran IPA hanya menghafal rumus atau produk IPA semata. Padahal, siswa juga harus mampu mendeskripsikan proses dari mana produk IPA tersebut diperoleh. Oleh karena itu, IPA bukan sekadar hafalan. Fakta inilah yang menjadi landasan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mendeskripsikan fenomena ilmiah di sekitar lingkungan Karesidenan Besuki. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menerapkan metode deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes dan angket di sekolah menengah di wilayah Besuki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mendeskripsikan fenomena IPA di sekitar lingkungan masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

Published
2020-12-30
How to Cite
BUDIARSO, Aris Singgih; SUTARTO, Sutarto; ROHMATILLAH, Septya. ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJELASKAN FENOMENA IPA DI SEKITAR LINGKUNGAN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 27 - 32, dec. 2020. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21699>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.