PENERAPAN VIDEO BASED LEARNING DALAM MATA KULIAH FISIKA TERAPAN
Abstract
Artikel ini menjelaskan solusi mengenai pembelajaran pada masa kini. Seiring berkembangya teknologi pada dunia pendidikan tinggi, mahasiswa dan dosen dituntut untuk dapat menguasai dan menerapkan pada proses belajar mengajar di kampus.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa D-3 teknik permesinan kapal terhadap penggunaan video based learning Pada mata kuliah fisika terapan. Untuk mendapatkan hasil penelitian mengenai penerapan video based learning, data diambil menggunakan metode kuisioner, wawancara, dan observasi terhadap mahasiswa D-3 teknik permesinan kapal. Metode penelitian deskriptif kualitatif dilakukan untuk memotret data yang ada. Dari hasil kuisioner dan wawancara yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 80% mahasiswa D-3 teknik permesinan kapal menunjukkan ketertarikan terhadap penggunaan video based learning dan didukung oleh hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan mahasiswa antusias memperhatikan video yang diputarkan oleh dosen. Karena menurut mereka dengan menerapkan video based learning maka mereka dapat lebih mudah untuk memahami mata kuliah fisika. Mereka dapat mengakses video tersebut dimana saja dan kapan saja. Maka dari data hasil pengamatan tersebut dapat dijadikan acuan dalam pengembangan teknologi pembelajaran pada pendidikan tingkat tinggi.
Kata Kunci: Video based learning, pendidikan tingkat tinggi, fisika terapan