MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI PETA BERPIKIR 3D PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Pendidikan sangat penting sebagai upaya dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran berbasis masalah, dimana permasalahan yang dihadirkan bersifat kontekstual dengan tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Fisika merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan gejala alam yang diperoleh dari proses ilmiah dimana hasil pengamatan serta percobaan tentang alam dipakai sebagai dasar dalam mengkaji suatu konsep keilmuan tertentu. Belajar fisika berkaitan dengan penguasaan konsep-konsep dasar fisika. Peserta didik dituntut untuk bisa mengembangkan konsep tersebut melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan konsep baru yang sesuai dengan pemahaman peserta didik. Peta berpikir 3D merupakan suatu peta yang di dalamnya menggabungkan ketiga aspek dimensi, seperti dimensi kognitif, metakognitif dan sosial yang masing-masing memiliki manfaat berbeda namun saling berkaitan. Peta Berpikir 3D mencakup beberapa komponen seperti gambar, informasi masalah, hubungan antar konsep beserta kata kuncinya serta hipotesa dari penalaran yang didapatkan dari penyelidikan. Kajian ini menekankan bahwa model Problem Based Learning disertai Peta Berpikir 3D dalam pembelajaran fisika diperlukan sebagai upaya dalam mengatasi kendala dalam penerapan model Problem Based Learning, selain itu model Problem Based Learning disertai Peta Berpikir 3D diharapkan dapat dijadikan sebagai inovasi agar kualitas pendidikan menjadi lebih baik.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Peta Berpikir 3D, Pembelajaran Fisika.