INOVASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN STEM EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA

  • Alvi Maulidia
  • Albertus Djoko Lesmono
  • Bambang Supriadi

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan STEM. Pendekatan STEM merupakan suatu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan beberapa cabang ilmu. Pendekatan STEM ini sangat cocok diterapkan dalam kurikulum 2013 agar siswa dapat lebih aktif dan lebih memahami konsep pada suatu materi yang diajarkan karena suatu proyek yang dihasilkan siswa dalam materi pembelajaran berkaitan langsung dengan dalam kehidupan nyata yang dialami siswa sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI Mipa3 di SMA Muhammadiyah 3 Jember, dengan 28 siswa yakni 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperiment dengan desain One Group Pretest - Posttest Design. Data pada penelitian ini menggunakan tes awal dan tes akhir. Hasil belajar yang didapatkan siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan STEM menghasilkan N-gain yang sedang.
Kata Kunci: STEM Education, model PBL, hasil belajar siswa

Published
2019-12-27
How to Cite
MAULIDIA, Alvi; LESMONO, Albertus Djoko; SUPRIADI, Bambang. INOVASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN STEM EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 185-190, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15164>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.