EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FISIKA BAB GAYA MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PhET DAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA SMP KELAS 8 UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI

  • Achmad Ramadhan
  • Faiz Hasyim
  • Hari Anggit Cahyo Wibowo

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan media demonstrasi dengan simulasi PhET dan peraga sederhana terhadap penguasaan materi dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model ujicoba One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020 kepada siswa kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan RPP berkategori baik. Aktivitas siswa yang dominan adalah kegiatan percobaan dengan simulasi PhET dan alat peraga sederhana. Pembelajaran ditunjang dengan media yang tepat terlaksana dengan efektif. Respons siswa terhadap pembelajaran memberikan respons positif. Kendala yang dijumpai selama KBM berhubungan dengan alokasi waktu pelaksanaan KBM. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan simulasi PhET dan alat Peraga sederhana efektif diterapkan di kelas dan dapat meningkatkan pemahaman materi fisika bab Gaya.
Kata Kunci: Gaya, PhET, Penguasaan

Published
2019-12-27
How to Cite
RAMADHAN, Achmad; HASYIM, Faiz; WIBOWO, Hari Anggit Cahyo. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FISIKA BAB GAYA MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PhET DAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA SMP KELAS 8 UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 125-128, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15151>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.