IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

  • Rizha Yulinda Salsabila
  • Sri Handono Budi Prastowo
  • Muhammad Effendi

Abstract

Model pembelajaran Discovery Learning adalah suatu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kurikulum 2013 agar peserta didik mampu lebih aktif, kreatif, dan lebih memahami konsep pada suatu materi yang diajarkan dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 4 Jember, dengan peserta didik sebanyak 36 yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning pada materi elastisitas dan Hukum Hooke menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,37 yang tergolong dalam kategori sedang.
Kata Kunci: Discovery Learning, elastisitas, hasil belajar

Published
2019-12-27
How to Cite
SALSABILA, Rizha Yulinda; PRASTOWO, Sri Handono Budi; EFFENDI, Muhammad. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 111-114, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15147>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.