TY - JOUR AU - Trianggono, Mochammad Maulana AU - Siswono, Hendrik PY - 2019/01/09 TI - EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI STIMULUS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA JF - FKIP e-PROCEEDING; Vol 3 No 2 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika KW - N2 - Perkembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki proporsi yang besar dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berpikir tingkat tinggi tidak lepas dari kemampuan kreatif seseorang dalam menginterpretasikan ide-ide dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran evaluasi pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah sebagai stimulus perkembangan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Hubungan keduanya dianalisis secara kuantitatif-deskriptif berdasarkan tes pemecahan masalah fisika yang telah dilakukan pada 10 orang responden. Analisis dilakukan untuk melihat perbedaan skor kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada soal dengan pertanyaan tertutup dan soal pemecahan masalah. Hasil analisis uji-t menyatakan bahwa t-hitung (8,64113) lebih besar dibandingkan t-tabel (1,859548). Skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada soal dengan pertanyaan tertutup sebesar 2,31, sedangkan pada soal pemecahan masalah sebesar 3,15 (dengan rentang skor 0 - 4). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara skor kemampuan berpikir kreatif pada soal pemecahan masalah dan soal dengan pertanyaan tertutup. Evaluasi pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah dinilai mampu untuk menstimulus kemampuan berpikir kreatif yang ada dalam diri seseorang. UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9414