TY - JOUR AU - Wisnu Wardhani, Dianika PY - 2017 TI - PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI ERA GLOBAL MELALUI BERBAGI KISAH PERJALANAN HIDUP ANTAR PESERTA DIDIK JF - FKIP e-PROCEEDING; 2017: PROSIDING SEMINAR NASIONAL #3: BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM KONTEKS GLOBAL KW - N2 - Abstrak: Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di era keterbukaan teknologi media informasi saat ini membutuhkan metode tersendiri. Hal ini disebabkan oleh betapa mudahnya melakukan pencarian bahan pelajaran oleh peserta didik. Terlebih, akses internet yang dibutuhkan untuk selancar di dunia maya demikian mudah ditemukan. Belum lagi kewajiban serta tuntutan pemenuhan kurikulum pendidikan. Ditambah lagi kendala semakin rendahnya minat membaca di kalangan peserta didik. Oleh karena itu, kreativitas pendidik dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia menjadi suatu keniscayaan. Selain untuk mencapai target kurikulum dalam penyampaian seluruh materi pembelajaran juga menjaga situasi kegiatan belajar mengajar agar tetap kondusif di dalam kelas. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah penyampaian kisah perjalanan hidup peserta didik yang terintegrasi dalam proses belajar mengajar. Dengan berbagi kisah perjalanan hidup, peserta didik diharapkan mampu menemukan keteladanan dari teman sebaya sehingga saling menginspirasi ( peer educator) dan diharapkan menjadi stimulan dalam pembentukan karakter masing-masing.   Kata -kata K unci : kreativitas pendidik, berbagi kisah perjalanan hidup antarpeserta didik, peer educator UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4937