TY - JOUR AU - Syukron, Ahmad PY - 2019 TI - EKOLITERASI: DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERWAWASAN LINGKUNGAN JF - FKIP e-PROCEEDING; 2018: PROSIDING SEMINAR NASIONAL #4 EKSPLORASI BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA JAWA TIMURAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN BERBASIS EKOLOGI KW - N2 - Abstrak : Kelangsungan hidup manusia sangat bergantung pada kelestarian alam. Akan tetapi, keharmonisan alam selama beberapa abad mulai terganggu karena sebagian manusia cenderung mengeksploitasi alam secara berlebihan. Selain itu, hampir setiap hari manusia juga menyisakan limbah-limbah anorganik yang tidak mudah didaur ulang oleh alam. Aktivitas pembelajaran di sekolah merupakan hulu dari sarana pembangunan SDM yang strategis dalam membentuk manusia yang berwawasan lingkungan. Dalam visi tersebut, ekoliterasi tepat untuk diskenariokan dan diintegrasikan dalam sebuah pembelajaran. Ekoliterasi dimaknai sebagai sebuah kegiatan literal yang bermuara pada pemahaman dan pembangunan sikap kritis terhadap kelestarian lingkungan. Melalui ekoliterasi, siswa akan dihabituasi untuk kritis, tanggap, dan inovatif terhadap masalah-masalah terkait komponen-komponen penyeimbang sebuah ekosistem, paling tidak di lingkungan tempat mereka tinggal.   Kata kunci : ekoliterasi, pembelajaran bahasa Indonesia, lingkungan UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11876