Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen

  • Hapsawati Taan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan dan harga terhadap minat beli konsumen pada situs belanja online Shopee. Pendekatan jenis kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan adalah orang yang pernah melakukan pembelian online pada toko online Shopee. Populasi infinity, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 83 responden. Unit analisis adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Penarikan sampel metode non probability sampling dengan cara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.Kemudahan penggunaan danĀ  harga berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Pengaruh yang paling dominan adalah variabel harga. Hasil ini berimplikasi bagi para peneliti lain untuk melakukan penelitian dengan cakupan lebih luas dengan subtansi yang sama untuk membantu mengkaji kemudahan penggunaan dan harga dalam sistem belanja online Shopee. Implikasi lain yaitu bagi pimpinanĀ  manajemen toko online Shopee atau pengambil kebijakan di online Shopee hendaknya mempertimbagan lebih lanjut mengenai kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan minat beli online Shopee.

Published
2021-03-31
How to Cite
TAAN, Hapsawati. Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 89 - 96, mar. 2021. ISSN 2685-3523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/19502>. Date accessed: 19 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502.