Pengaruh Ketepatan Dana, Kecukupan Dana dan Sasaran Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Kabupaten Jember

  • Risca Kurniasari Agus Sugiono
  • Andriana -
  • Taufik Kurrohman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan, kecukupan dan sasaran dana Bantuan Operasional Sekolah
berpengaruh terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Se-Kecamatan Kaliwates, Sumbersari Dan Patrang
Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan datanya adalah kuesioner.
Sedangkan untuk metode analisis datanya adalah penelitian ini dilakukan menggunakan analisis statistic deskriptif dan uji
kualitas data yang digunakan untuk mengukur kualitas data menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas serta peneliti
menggunakan uji asumsi klasik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, koefisisen determinasi, uji F dan uji t.
Dalam penelitian ini menggunakan 14 sampel SMP se-Kecamatan Kaliwates, Sumbersari dan Patrang. Hasil penelitian
menunjukkan berdasarkan hasil uj regresi , variable ketepatan dana tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar murid dengan
koefisien 0,287. Pada variable kecukupan dana, hasil uji regresi menunjukkan variable kecukupan dana berpengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar murid dengan koefisien 0,209. Sedangkan pada variable sasaran penggunaan dana
BOS menunjukkan hasil variable sasaran penggunaan dana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
murid dengan koefisien 0,260.
Published
2015-01-20
How to Cite
SUGIONO, Risca Kurniasari Agus; -, Andriana; KURROHMAN, Taufik. Pengaruh Ketepatan Dana, Kecukupan Dana dan Sasaran Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Kabupaten Jember. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23-28, jan. 2015. ISSN 2685-3523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/1402>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ejeba.v2i1.1402.
Section
Articles