Topeng Wayang Kerte Desa Kotakan Kabupaten Situbondo

  • Sigit Setiawan Fakultas Ilmu Budaya

Abstract

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun mitra yang dipilih dalam kegiatan ini adalah masyarakat Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Mitra merupakan desa dengan potensi wisata seni yang mempunyai produk ikonik Topeng Wayang Kerte serta memilikii nilai tambah di mana letak daerahnya berada di dalam kota. Ironisnya, produk wisata tersebut belum menjadi produk unggulan mitra untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah mengenai; (1) produktivitas pembuatan Topeng Wayang Kerte yang mengalami kendala pada konsistensi proses produksi dan varian produk dan (2) manajemen pemasaran. Kendala produktivitas antara lain tercermin dalam proses produksi yang masih tergantung pada pesanan, tanpa adanya kesadaran untuk membuat produk yang siap jual dan varian topeng kerte yang hanya terpaku pada fungsinya sebagai properti pentas serta belum menyasar pada bentuk varian lainnya. Sementara pada manajemen pemasaran, mitra belum memaksimalkan media-media yang ada untuk menampung produk siap jual seperti galeri seni dan juga sosial media atau internet. Solusi yang ditawarkan kepada mitra atas kendala pertama adalah sosialisasi mengenai manajemen produksi sehingga dapat melakukan proses produksi secara berkesinambungan. Dari sana mitra tidak hanya melakukan produksi bila ada pesanan tetapi sudah siap produk  bila sewaktu-waktu ada konsumen datang. Kemudian yang juga penting adalah mitra dapat mengembangkan dan membuat varian produk-produknya menjadi yang lebih kreatif. Terkait dengan manajemen pemasaran akan dibuatkan konsep tempat pameran/galeri Topeng Wayang Kerte dan memberikan sosialisasi untuk memaksimalkan sosial media dan internet sebagai sarana pemasaran. Mengingat Program Pariwisata bertajuk Tahun Kunjungan Wisata 2019 yang dicanangkan Pemkab Situbondo, pengabdian ini merupakan satu upaya untuk menggali local wisdom yang dimiliki Situbondo untuk nantinya dapat menjadi bagian dari program yang dimaksud.


Kata Kunci: Topeng, Kerte, Kothakan, Wisata

References

Bovier, Helena. 2002. Lebur: Seni Musik dan Pertunjukan dalam Masyarakat Madura. Forum Jakarta-Paris, Yayasan Tradisi Lisan dan Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Hidayah, Ma’ruf Ihwan, Tjintari. “Karakteristik Visual Topeng Kerte Kesenian Tradisional di Desa Kotakan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo”. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Vol 3 No 1 Tahun 2015, 103-112.
Hidayatullah, Panakajaya.2018. “Topeng Retak di Wajah Wayang Kerte”. Majalah Cak Durasim: Taman Budaya Jawa Timur, 41-42.

Webtografi
www.situbondokab.go.id
Published
2019-01-08
How to Cite
SETIAWAN, Sigit. Topeng Wayang Kerte Desa Kotakan Kabupaten Situbondo. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 368-382, jan. 2019. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/9066>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i4.9066.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.