Percepatan Daya Usaha Industri Olahan Buah Salak Melalui Rekonstruksi Technopreneurship

  • Didik Suharijadi

Abstract

Masyarakat Desa Pancakarya Kecamatan Ajung memanfaatkan hasil pertanian yang berlimpah dengan membangun home industry yang mengolah hasil pertanian menjadi keripik dan kopi. Salah satu hasil pertanian yang diolah adalah buah dan biji salak. Hasil olahan mereka menambah keanekaragaman kuliner Kabupaten Jember. Dari hasil analisis diperoleh garis besar permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra yaitu area pemasaran yang sempit. Kondisi ini menyebabkan perekonomian mitra tidak dapat optimal. Program pengabdian bertujuan mengupayakan tumbuhnya kreatifitas varian produk, dan pengadaan alat proses produksi yang dapat meningkatkan jumlah dan standar produk olahan buah salak, serta pola pemasaran yang lebih global. Oleh karena itu, target khusus dari program ini adalah mitra memiliki barang produksi yang lebih terstandart berbasis teknologi terapan dan pola pemasaran yang berbasis sistem informasi. Tim pengusul kegiatan pengabdian kepada masyarakat berusaha memberikan solusi dengan membantu pengadaan peralatan produksi olahan buah salak. Untuk merealisaikan tujuan program dan mendapatkan target yang diinginkan, maka dilakukan pelatihan pengetahuan mengenai technoprenuership. Pada program pengabdian ini akan banyak diketengahkan kegunaan teknologi dan manfaatnya untuk mendukung pembuatan olahan buah salak yang memiliki rasa yang khas, terstandard sehingga dapat dipercaya oleh konsumen.  Pada mitra juga akan dilatih untuk menjual produk luaran pengabdian dengan  pola pemasaran secara online maupun offline. Pemasaran secara online  selain meningkatkan penjualan produk juga menjadi ajang promosi kekhasan Jember. Pemasaran offline sasarannya adalah toko-toko dan pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern.


Kata Kunci: Olahan Salak, Kuliner Jember, Pemasaran Online, Kekhasan jember 

References

Belch, GE, 2003, Advertising and Promotion – an Integrated Marketing Communication Prespective, 6th Edition, McGraw Hill, New York
Ernestina M, 2008, Improving antioxidant activity and nutritional component of Philippine salt-fermented shrimp paste through prolonged fermentation, Food Chemistry 111 : 72 - 77
Sharif, 2008, Toxicological Evaluation of Some Malaysian locally processed raw food product, Food and Chemical Toxicology, 46, 368-374.
Magnadi RH, 2011, Peran Perguruan Tinggi dalam Membangun “City Branding” yang berkelanjutan : Sebuah Upaya untuk Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Daerah”, Proceeding- Social, Ekonomi, dan Humaniora, Vol. 2, No. 1 p. 281-290
Kotler, Philip dan Armstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, PT. Indeks Gramedia, Jakarta
Holbrook, M.B., 2000, The Millennial Consumer in the Texts of Our Times: Experience and Entertaiment. Journal of Macromarketing, 20, 178-192
Published
2018-12-18
How to Cite
SUHARIJADI, Didik. Percepatan Daya Usaha Industri Olahan Buah Salak Melalui Rekonstruksi Technopreneurship. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 314-323, dec. 2018. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/9064>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i3.9064.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.