Optimalisasi Potensi Wisata Religi Di Desa Landangan, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo Melalui Company Profile

  • Mei Artanto Artanto Program Studi Televisi dan Film

Abstract

Pada tahun 2019 pemerintah Kabupaten Situbondo telah mencanangkan program Situbondo Tahun Kunjungan Wisata 2019 sebagai salah satu upaya meningkatkan potensi daerah yang dapat meningkatkan regulasi ekonomi daerah. Merespon program tersebut lantas membuat tim pengabdian ini berupaya dalam melakukan pengembangan dari segi pengetahuan, keterampilan dan keahlian dalam pengelolaan potensi wisata, yang dalam hal ini masih pada tahap program strategis dalam pemasaran melalui pembuatan company profile Desa Landangan, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo. Terlebih Desa Landangan saat ini masih belum memiliki media audio visual yang berisi konten potensi desa, sehingga upaya pembuatan company profile merupakan salah satu solusi dalam menjawab program yang dicanangkan oleh Kab. Situbondo. Metode pelaksanaan dalam program pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahapan, yakni 1) tahap persiapan yang terdiri atas observasi, dan penyusunan program produksi company profile; 2) tahap pelaksanaan yang terdiri atas pembuatan company profile dengan konten potensi wisata religi sebagai strategi pengenalan tempat destinasi wisata kepada khalayak umum; 3) tahap evaluasi. Diharapkan dengan adanya company profile ini, Desa Landangan memiliki media untuk mempromosikan potensi wisata, seperti proses upacara petik laut, Asta Buju’ Kaji dan Al-Quran Sejimat sehingga ditahun 2019 telah siap menyambut Situbondo Tahun Kunjungan Wisata 2019.


Kata Kunci: company profile, wisata religi, Desa Landangan, sosial media

References

Mahasiswa Kulah Kerja Nyata 235 (KKN) Universitas Jember Periode II Tahun 2017/2018. 2018. Buku Di Balik Desa Landangan. Situbondo.
Murgianto, Sal. 2015.Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat. Jakarta: FSP IKJ dan Komunitas Senripita.
Murgianto, Sal. 2016. Kritik Pertunjukan dan Pengalaman Keindahan. Jakarta: Pasca IKJ dan Komunitas Senripita
Soedarsono, R.M. 2010. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sumber elektronik
http://www.lumi-one.com/newsfeed/kelebihan-dan-kegunaan-video-company-profile, di unduh pada tanggal 19 November 2018.
https://jatim.antaranews.com/berita/246056/situbondo-canangkan-tahun-kunjungan-wisata-2019), di unduh pada tanggal 12 September 2018.
https://lifestyle.kompas.com/read/2011/12/16/15534448/inilah.tiga.strategi.promosi.wisata.2012, di unduh pada tanggal 19 November 2018.
Published
2019-01-08
How to Cite
ARTANTO, Mei Artanto. Optimalisasi Potensi Wisata Religi Di Desa Landangan, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo Melalui Company Profile. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 358-367, jan. 2019. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/9063>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i4.9063.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.