Pemberdayaan Potensi Remaja Putus Sekolah di Kelurahan Ranotana Weru Manado Melalui Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Kelurahan
Abstract
Sebagai aset yang akan menentukan nasib Bangsa Indonesia dimasa yang akan datang, potensi remaja putus sekolah harus terus digali dan dikembangkan. Meningkatnya kenakalan remaja menuntut pemerintah dan masyarakat pemerhati pada umumnya untuk tanggap terhadap apa yang menjadi kebutuhan remaja. Membekali remaja putus sekolah dengan ketrampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja menjadi jembatan dalam upaya mengoptimalkan potensi remaja putus sekolah dan menekan tingkat kenakalan remaja. Tulisan ini berisikan hasil penghiliran penelitian penerapan teknologi informasi dalam upaya pemberdayaan potensi masyarakat teristimewa remaja putus sekolah. Hasil penghiliran penelitian yang dikemas dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah berdampak positip yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan teknologi informasi remaja putus sekolah di Kelurahan Ranotana Weru Manado. Penggunaan metode pelatihan yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini.
Kata Kunci: kenakalan remaja, teknologi informasi, pengangguran
References
Sudarma, Momon,2013. Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kreatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Suryobroto, 2011. Proses Belajar Mengajar di Dunia Pendidikan, PT.Rineksa Cipta
Trianto, 2013. Metode Efektif dalam Kegiatan Pelatihan, PT.Surya Kencana Bandung
Tabrani, Pribadi 2010. Kreativitas dan Humanitas. Yogyakarta : Jalasutra