Pemberdayaan Potensi Remaja Putus Sekolah di Kelurahan Ranotana Weru Manado Melalui Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Kelurahan

  • Maksy Sendiang Politeknik Negeri Manado

Abstract

Sebagai aset yang akan menentukan nasib Bangsa Indonesia dimasa yang akan datang, potensi remaja putus sekolah harus terus digali dan dikembangkan. Meningkatnya kenakalan remaja menuntut pemerintah dan masyarakat pemerhati pada umumnya untuk tanggap terhadap apa yang menjadi kebutuhan remaja. Membekali remaja putus sekolah dengan ketrampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja menjadi jembatan dalam upaya mengoptimalkan potensi remaja putus sekolah dan menekan tingkat kenakalan remaja. Tulisan  ini berisikan hasil penghiliran penelitian penerapan teknologi informasi dalam upaya pemberdayaan potensi masyarakat teristimewa remaja putus sekolah. Hasil penghiliran penelitian yang dikemas dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah berdampak positip yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan  teknologi informasi remaja putus sekolah  di Kelurahan Ranotana Weru Manado. Penggunaan metode pelatihan yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini.


 


Kata Kunci: kenakalan remaja, teknologi informasi, pengangguran

References

Asmah Siti, 2010. Mengembangkan Pembelajaran Tematik, PT.Prestasi, Jakarta
Sudarma, Momon,2013. Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kreatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Suryobroto, 2011. Proses Belajar Mengajar di Dunia Pendidikan, PT.Rineksa Cipta
Trianto, 2013. Metode Efektif dalam Kegiatan Pelatihan, PT.Surya Kencana Bandung
Tabrani, Pribadi 2010. Kreativitas dan Humanitas. Yogyakarta : Jalasutra
Published
2019-01-08
How to Cite
SENDIANG, Maksy. Pemberdayaan Potensi Remaja Putus Sekolah di Kelurahan Ranotana Weru Manado Melalui Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Kelurahan. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 351-357, jan. 2019. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/9060>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i4.9060.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.